Tumbuh Kembang Anak dan Tahapannya

Setiap ibu harus tahu betul tentang pertumbuhan anak dan tahap perkembangan sebelum bayi mencapai usia satu tahun. Ibu harus tahu kapan bayinya harus memegang kepalanya, pada bulan keberapa dia akan duduk tegak, dll. Keadaan berubah ketika si bayi mencapai usia 1 tahun. Tidak banyak orang tua tahu usia keberapakah anak mereka bisa mulai diajarkan naik sepeda atau mengikat sepatu. Pada artikel ini saya ingin membahas seputar tumbuh kembang anak dan juga menjawab pertanyaan para orang tua.
tumbuh kembang anak

Tumbuh Kembang Anak dan Tahapannya

Hal pertama yang harus diingat adalah bahwa tumbuh kembang anak tiap anak itu berbeda-beda. Keterampilan yang anak-anak kembangkan terkadang lebih menonjol dibandingkan anak seumurannya. Beberapa anak yang lahir prematur mungkin sedikit terlambat tumbuh kembangnya, dibandingkan dengan mereka yang lahir tepat pada waktunya. Namun, jika Anda sadar bahwa tumbuh kembang anak Anda tertunda lebih dari beberapa bulan, dan memiliki beberapa gejala yang mengganggu seperti jarang bersuara atau berbicara, maka orangtua harus meminta bantuan pada ahlinya.

Berikut ini adalah daftar tahapan tumbuh kembang anak secara garis besar:

Tahap tumbuh kembang anak usia 1 tahun (12-14 bulan)


Tahap tumbuh kembang anak usia ini biasanya sudah bisa berjalan atau bergerak 2-3 langkah tanpa bantuan anda atau orang lain. Mulai bisa duduk dan berdiri tegak, meletakkan mainan ke dalam kotaknya, menumpuk-numpuk blok-blok bangunan. Mereka menanggapi kata-kata sederhana tanpa gerakan, seperti "mau", "ambilkan", dll Selain kata-kata "mama" dan "papa", anak usia 1 tahun sudah bisa mengucapkan tambahan 1-6 kata sederhana. Anak-anak pada usia ini biasanya bawel banyak bicara.

Bahkan di usia balita Anda bisa mulai mengajar huruf dan angka, warna dan bentuk. Jangan berpikir bahwa itu terlalu dini. Pendidikan semacam ini pasti tidak boleh rumit dan menyusahkan si anak. Harus dibawakan secara menyenangkan dengan menggunakan mainan sederhana dan gambar. Ini adalah tahap awal tumbuh kembang anak dalam hal akademik.

Tahap tumbuh kembang anak usia 1,5 tahun (16-18 bulan)


Pada usia ini anak-anak sudah bisa berjalan dan berlari dengan sangat baik. Mereka suka memanjat tangga, minum dari cangkir, dan melakukan beberapa hal sederhana lainnya. Anak Anda mungkin mulai mencoba untuk makan sendiri dengan menggunakan sendok. Dia memahami beberapa kalimat sederhana, bisa menunjuk hidung, mulut dan mata pada boneka nya. Dia bisa mengambil mainan jatuh tanpa kehilangan keseimbangan. Mampu mengungkapkan emosi seperti cinta, kesenangan, kegembiraan dengan membuat suara. Mereka punya mainan favorit sendiri dan lebih memilih untuk bermain dengannya. Anak-anak pada usia ini sudah bisa berbicara setidaknya 15 kata. Jika bayi Anda dulunya "nge-dot", sekarang sudah saatnya kebiasaan itu disingkirkan. Pada usia ini "ngedot" sebenarnya terhadap tumbuh kembang anak, namun jika berlanjut sampai usia 3 atau bahkan 4 tahun, bisa menimbulkan beberapa masalah saat bicara.

Tugas pertama dalam hidup mereka mulai muncul pada usia ini. Ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mengajarkan pada anak untuk menjaga kamarnya bersih, membereskan mainan, setelah selesai bermain, dan memasukan pakaian kotor ke dalam keranjang cucian. Pada awalnya mereka masih membutuhkan bantuan Anda. Seiring tumbuh kembang anak, Anda akan terkejut betapa cepatnya mereka belajar. Ketika mereka tumbuh, ajarilah lebih banyak pekerjaan, seperti menyiram tanaman, mengelap tumpahan, dan merapikan tempat tidur mereka

Kunjungan pertama ke dokter gigi harus dilakukan sekitar 6 bulan setelah gigi pertama muncul. Setelah kunjungan pertama, dianjurkan untuk periksa ke dokter gigi rutin setiap 6 bulan sekali, terutama jika anak memiliki masalah dengan gigi, apapun itu karena akan berpengaruh dalam tumbuh kembang anak.

Belikanlah sepeda roda tiga pertama pada anak anda di usia ini. Anak-anak mungkin tidak siap untuk mendorong pedal, namun mereka akan tetap menikmatinya jika Anda membantunya mendorong sementara mereka duduk di atasnya, bahkan tanpa menggenjotnya.

Tahap tumbuh kembang anak usia 2 tahun


Pada tahap tumbuh kembang anak usia ini anak-anak sudah bisa berlari dan melompat dengan baik. Mereka bisa membangun menara menggunakan 4-6 blok bangunan, melempar dan menendang bola, "memberi makan" boneka mereka sendiri. Seorang anak memiliki kemampuan untuk naik ke lantai atas dan turun ke lantai bawah rumah dengan aman, tahu namanya sendiri dan berbicara tentang dirinya sendiri. Menunjuk hidung, mulut dan matanya sendiri, dan bisa melepas pakaiannya sendiri. Pada usia ini anak-anak sudah mampu berbicara 15-50 kata (bahkan kadang lebih pada anak yang tergolong bawel). Anak juga belajar untuk menahan pipis di tahap tumbuh kembang anak usia 2 tahun ini.

Pada tahap tumbuh kembang anak usia ini "karya seni pertama" mungkin muncul. Koordinasi tangan-mata meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, banyak anak-anak suka menggambar, melukis, membangun bangunan menggunakan blok bangunan, membuat gambar menggunakan teka-teki sederhana.

Ini adalah waktu untuk membelikan tempat tidur baru untuk si anak. Pada usia ini mereka mulai mencoba untuk keluar dan melompat dari tempat tidur boks mereka, dan hal itu sangat berbahaya. Jika Anda ingin memperkenalkan hewan peliharaan di rumah Anda, anda bisa coba dengan memelihara ikan di dalam akuarium. Anak-anak akan sangat senang mengamati kehidupan dalam air. Namun, terlalu dini untuk membelikannya anak anjing atau anak kucing, karena mereka tidak sepenuhnya memahami bagaimana caranya berhati-hati dengan hewan peliharaan tersebut. Lebih baik menunggu sampai umur mereka 3-4 tahun, sebelum memelihara anjing atau kucing.

Tahap tumbuh kembang anak usia 3 tahun


Pada tahap tumbuh kembang anak usia 3 tahun biasanya sudah bisa berpakaian sendiri (tidak semua anak bisa). Mereka bisa mengendarai sepeda roda tiga tanpa bantuan anda, memahami dan menanggapi permintaan yang lebih kompleks (seperti "tolong bawakan kesini gelasnya"). Mereka membangun frase menggunakan 4-5 kata. Mereka mulai menggunakan kata ganti seperti "Aku", "kamu", dll.

Untuk menunjang tumbuh kembang anak pada usia ini biasanya harus dilatih menggunakan toilet, walaupun sesekali ia masih suka membasahi dan mengotori pakaian mereka, tapi itu harus dimaklumi. Ini juga merupakan waktu yang paling penting untuk perkembangan bicara. Jangan lupa untuk mengajarinya lagu anak-anak. Cobalah bacakan lebih banyak buku cerita, menggambarkan kejadian yang ada di dalam buku cerita untuk membantu perkembangan imajinasi pada tahap tumbuh kembang anak.

Tahap tumbuh kembang anak usia 4 tahun


Tumbuh kembang anak pada usia ini terbilang cukup pesat. Anak-anak pada usia ini sudah bisa mengontrol tubuh mereka dengan baik. Mereka sudah pintar dalam menutup dan membuka resleting pakaiannya sendiri, mulai belajar untuk menggunakan sendok dan garpu. Jika anak anda tadinya gemuk kemudian berubah menjadi kurus, hal ini merupakan hal biasa. Kebanyakan anak-anak kehilangan lemak mereka pada usia ini, dan dalam beberapa tahun akan digantikan oleh otot. Tinggi dan berat badan anak harus tumbuh secara merata. Jika berat badan naik lebih cepat daripada tinggi badan maka anak Anda mungkin akan mengalami kegemukan. Dalam hal ini, perhatikanlah pinggul dan lengan anak anda. Jika ada lipatan lemak, maka Anda mungkin sebaiknya merubah pola makannya dengan makanan yang sehat. Jika tumbuh kembang anak kurang begitu baik dalam waktu 6 bulan, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter. Anak-anak yang kekurangan hormon pertumbuhan itu kemungkinannya sangat kecil, kecuali memang ada kelainan sejak lahir.

Anak-anak berusia empat tahun sudah memiliki hingga 1.000 kata dalam kosa kata mereka. Mereka mampu membangun frase menggunakan 6-8 kata dan ucapan mereka sudah cukup bisa dipahami oleh orang-orang selain keluarga.

Pada tahap tumbuh kembang anak usia ini biasanya sudah siap untuk belajar untuk mengikat dan melepas sepatu mereka. Anda dapat menggunakan sepatu Velcro, namun jika Anda mengajarkan anak Anda mengikat dan melepaskan tali sepatu, ia akan keterampilan motoriknya perlahan-lahan akan ikut berkembang. Anda juga dapat mulai mengajarinya berenang pada usia ini. Anda dapat mulai lebih awal, tentu saja. Namun pada usia 4 tahun tumbuh kembang anak sudah benar-benar siap dan memiliki skill yang diperlukan dan dikembangkan untuk memulai pelajaran renang mereka.

Artikel ini adalah mengenai tumbuh kembang anak dan tahapannya sampai usia 4. Sekali lagi, jika tumbuh kembang anak anda terlambat, jangan khawatir. Ingat bahwa kecepatan tumbuh kembang anak setiap anak berbeda-beda.

2 comments: