Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

Apakah Anda pernah punya pengalaman ketika berada dalam keadaan panik, kemudian jantung dan ngos-ngosan, pupil Anda melebar dan tangan Anda berkeringat untuk mengatasi kepanikan tersebut akibat pelepasan hormon adrenalin? Setelah kepanikan berakhir, tangan dan kaki terasa dingin dan Anda akan merasa sangat lelah. Jika kondisi ini bertambah buruk, telapak tangan anda akan selalu berkeringat setiap kali Anda melakukan "multitasking", bersiap-siap atau gugup menghadapi sesuatu, dan Anda mungkin bisa didiagnosa dengan "Excessive Sweating."


cara mengatasi keringat berlebihan

Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

Kita tahu bahwa keringat berlebihan disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif. Kelenjar keringat dikendalikan oleh cabang saraf simpatis di daerah dada, yang dikendalikan oleh kelenjar hipotalamus, bagian dari otak yang mengendalikan nafsu makan, suhu tubuh, rasa haus, kelelahan, marah dan lain-lain. Orang dengan keringat berlebihan bisa berkeringat secara spontan, bahkan pada suhu kamar, dan keluar berlebihan pada suhu lingkungan yang tidak jauh berbeda dari suhu kamar. Bagian tubuh yang paling sering berkeringat adalah telapak tangan, kaki, ketiak, dada, daerah perut dan wajah. Sayangnya, mereka yang berkeringat berlebihan cenderung memiliki bau badan yang khas.

Jika Anda memiliki masalah ini, Anda bisa saja menyalahkan orang tua Anda, karena genetik punya peran besar pada kondisi ini. Orang dengan sistem saraf simpatis yang sangat sensitif cenderung memiliki hiperhidrosis. Keringat berlebihan karena sistem saraf yang sangat sensitif merupakan salah satu kelainan yang menurun dalam keluarga. Dengan demikian, Anda mungkin telah mewarisi "keringat Anda" dari ibu, atau ayah Anda. Namun, Anda bisa mengembalikan kondisi "kelainan" anda itu kok, jadi tenang saja. Jika Anda mau mengubah gaya hidup Anda sedikit, Anda mungkin bisa mengurangi keringat anda yang berlebihan.

Ada beberapa pilihan gaya hidup bisa anda buat yang akan mengurangi masalah ini atau mungkin membuatnya hilang sepenuhnya. Anda dapat membuat keputusan yang akan mengubah keadaan. Mulailah dengan mengurangi minum minuman ber-alkohol (jika anda suka minum minuman beralkohol), yang dapat memicu gejala. Alkohol dapat menghasilkan banyak kalor (energi panas) di dalam tubuh Anda dan merangsang sistem saraf anda. Dalam rangka untuk mempertahankan suhu tubuh normal, Anda harus mengeluarkan kalor melalui keringat dan buang air kecil. Itulah mengapa orang cenderung minum lebih banyak alkohol dalam cuaca dingin. Pecandu alkohol kebanyakan memiliki tangan dan kaki yang berkeringat. Ada kasus di mana orang tidak pernah punya masalah ini, tapi muncul di kemudian hari, dan biasanya dipicu oleh terlalu banyak minum alkohol.

Hal-hal lain yang memicu keringat berlebihan:

1. Kafein merangsang saraf simpatis, sehingga tubuh Anda menjadi lebih sensitif terhadap perubahan suhu dan stres.

2. Minuman hangat dan makanan dapat membuat Anda berkeringat lebih.

3. Kadar gula darah yang rendah dan tinggi dapat menyebabkan pengeluaran hormon adrenalin agar berkeringat lebih banyak.

4. Stres dapat menyebabkan hormon kortisol dan adrenalin dikeluarkan untuk merangsang sistem saraf.

5. Melakukan banyak hal sekaligus, ketika Anda melakukan tiga hal pada saat yang sama, tubuh Anda untuk melepaskan lebih banyak adrenalin, yang merangsang sistem saraf.

6. Keseimbangan progesteron dan kadar estrogen juga peka terhadap sistem saraf Anda, sehingga tubuh Anda mungkin bereaksi dengan cepat terhadap perubahan suhu walaupun hanya sedikit. Itulah mengapa wanita menopause mudah berkeringat, dan merasa kedinginan setelah berkeringat.

7. Kegemukan: Orang gemuk memiliki kadar kortisol dan estrogen yang tinggi. Mereka dapat mentolerir stres lebih baik daripada orang kurus, tetapi mereka memiliki toleransi lebih sedikit terhadap panas.

8. Makanan pedas juga memproduksi panas di dalam tubuh. Orang bisa mentolerir makanan pedas dalam iklim sangat basah dan dingin, tetapi jika mereka berangkat ke tempat yang lebih hangat, mereka harus mengubah kebiasaan makan mereka sesuai dengan kondisi lingkungan.

Akupunktur, meditasi, dan yoga akan memperbaiki keseimbangan sistem saraf simpatis dan parasimpatis Anda. Akupunktur pada sebagian besar titik di tubuh bisa menenangkan saraf simpatis dan memperkuat saraf parasimpatis. Makanan dan bahan-bahan alami, seperti pare dan dandelion, yang memiliki rasa pahit mampu membantu mengeluarkan panas dari dalam tubuh dan mengurangi keringat serta peradangan. Makanan asam dapat memicu tubuh Anda untuk menghasilkan cairan tubuh lebih banyak, sehingga Yin dan Yang dapat seimbang. Dalam rangka untuk mencapai kehidupan lebih bahagia dan sehat, Yin dan Yang harus seimbang, sehingga tubuh Anda tidak akan berkeringat berlebihan.

Demikianlah artikel Cara Mengatasi Keringat Berlebihan, semoga dapat berguna bagi anda maupun orang lain.

2 comments:

  1. aya suka sekali artikelnya
    saya sedang melakukan penelitian bagaimaca cara menyembuhkan ketakutan berlebihan, kepanikan yang tiba-tiba datang atau kecemasan berlebihan metode terapi kami menurut banyak orang sangat bagus
    untuk menghilangkan gangguan kecemasan Klik DISINI cara menyembuhkan kecemasan berlebihan

    ReplyDelete
  2. rupanya sy harus mengurangi minum minuman berkafein...

    ReplyDelete