Kemampuan Otak Kiri dan Otak Kanan

Anda mungkin pernah mendengar pertanyaan: "Apakah lebih sering pakai otak kanan atau kiri? ' Sebab, orang sehat normal biasa menjawab 'dua-duanya'. Namun, kedua bagian otak memiliki beberapa fungsi-fungsi khusus yang sangat berbeda. Ada juga beberapa pendapat bahwa otak kiri berkaitan dengan logika dan sisi kanan berkaitan dengan kreativitas, tapi teori ini terlalu simple. Otak manusia yang terdiri dari otak kanan dan otak kiri adalah organ yang luar biasa dan dibutuhkan waktu yang lama untuk memahami dengan benar apa saja fungsi otak.

Lateralisasi Otak Kiri dan Otak Kanan

Otak dibagi menjadi otak kiri dan otak kanan. Ada suatu bagian yang disebut corpus callosum memungkinkan kedua bagian besar otak untuk berhubungan dan saling berkomunikasi. Jika bagian ini rusak atau mengalami infeksi, akan menyebabkan gangguan komunikasi antara otak kiri dan otak kanan. Namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan corpus callosum untuk dipotong. Contohnya untuk mengobati epilepsi parah. Perilaku pasien setelah operasi ini mengungkapkan banyak hal tentang lateralisasi otak.

Perbedaan antara otak kiri dan otak kanan tidak selalu jelas. Kidal atau tidaknya seseorang akan memberikan petunjuk belahan otak mana yang dominan pada orang tersebut. Sekitar 90 % kemampuan berbahasa dan bicara pada orang yang tidak kidal diproses di otak kiri, tetapi untuk orang kidal, hanya sekitar 2/3 sampai 3/4 kemampuan berbahasa dan bicara di proses di otak sisi kanan. Jadi orang kidal rata-rata dominan belahan otak kiri. Sekitar seperlima dapat memproses bahasa di kedua sisi otak mereka. Pada pasien kerusakan salah satu dari otak kiri dan otak kanan, salah satu bagian otak kadang-kadang dapat mengambil alih fungsinya.

Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Meskipun perbedaan antara belahan otak kiri dan otak kanan telah diketahui, banyak perbedaan fungsi yang sangat jelas dari masing-masing bagian. Kesadaran kita terkait dengan otak kiri saja, sementara mengenali wajah dan kemampuan melihat sangat terkait dengan otak kanan. Belahan kiri lebih diarahkan untuk logika, analisis dan penalaran. Belahan otak kanan lebih kuat terkait dengan intuisi dan kreativitas.

kemampuan otak kiri dan otak kanan

kemampuan otak kiri dan otak kanan

Penelitian menunjukkan bahwa rumitnya otak kiri dan otak kanan. Pada kebanyakan orang pusat kendali bicara ada di otak kiri. Tata bahasa dan kosa kata diatur oleh otak kanan, tetapi fungsi bahasa lain akan ditangani oleh otak kiri. Bahasa tidak diatur oleh hanya satu sisi otak. Studi juga menunjukkan bahwa kedua sisi otak terlibat dalam pengolahan visual. Kemampuan untuk mengenali objek tertentu akan terganggu jika komunikasi antara belahan otak terganggu.

Tidak diragukan lagi, komunikasi antar otak adalah hal nyata, dan merupakan fenomena yang menarik. Penelitian yang sedang berlangsung masih menjajaki banyak misteri dan peran otak kiri dan otak kanan dalam perilaku manusia.

1 comment:

  1. maksih ka informasi fungsi otak kanannnya sangat bermanfaat sekali . ^)^ izin share ya ..

    ReplyDelete