8 Penyebab Jerawat Batu

Jerawat batu merupakan kondisi yang menyakitkan di mana terdapat kista yang diisi nanah dan nodul muncul pada kulit. Kelainan kulit ini umumnya menyerang wajah. Kondisi ini adalah versi parahnya dari jerawat biasa dan biasanya ada bentol merah yang menyakitkan. Dalam beberapa kasus bahkan jerawat batu ada yang menyebar ke leher, punggung, bahu dan dada. Remaja adalah golongan usia yang paling sering terkena masalah kulit ini.

penyebab jerawat batu

penyebab jerawat batu

Penyebab Jerawat Batu


Penyebab jerawat batu yang utama adalah karena adanya produksi sebum, zat berminyak alami yang diproduksi di dalam tubuh. Hal ini terjadi ketika pori-pori dekat kelenjar sebasea tersumbat oleh sebum yang berlebih, tertutup sel kulit mati atau karena produk kosmetik yang ada gunakan. Sebum yang terus menerus diproduksi akhirnya tidak mampu untuk keluar dan akibatnya mulai tertimbun di bawah kulit. Timbunan sebum menyebabkan kulit menjadi meradang. Kondisi ini akan diperburuk jika bakteri dari luar masuk. Pertumbuhan bakteri akan memperburuk kondisi dan kulit menjadi terinfeksi sehingga menyebabkan peradangan.

Remaja lebih rentan terhadap kondisi ini karena perubahan hormonal yang mereka alami. Peningkatan kadar hormon menyebabkan sebum diproduksi dalam jumlah yang lebih besar. Androgen adalah hormon yang merangsang produksi sebum.

Meskipun penyebab jerawat batu yang utama adalah produksi sebum yang berlebihan dan penyumbatan pori-pori, ada beberapa alasan lain yang merupakan faktor penyebab jerawat batu:

Siklus Menstruasi - Para remaja perempuan akan mengalami perubahan hormon selama siklus menstruasi mereka. Bagi beberapa remaja perempuan, perubahan kadar hormon selama siklus menstruasi memiliki pengaruh yang sama seperti layaknya hormon androgen  dan menyebabkan penyebaran lebih jauh.

Konsumsi Pil KB - Keseimbangan hormon alami dalam tubuh akan diubah secara drastis oleh hormon yang terkandung dalam pil KB. Kelebihan hormon tertentu dapat menyebabkan munculnya jerawat batu.

Keturunan - Gen dalam tubuh anda akan menentukan apakah anda memiliki "bakat" jerawat batu atau tidak. Kondisi ini biasanya memang menurun dalam keluarga. Banyak orang yang jerawat batu nya bahkan jauh lebih parah dibandingkan salah satu atau kedua orang tuanya yang juga memiliki jerawat batu.

Stress - Penelitian membuktikan bahwa perubahan emosi dan ketegangan fisik yang ekstrim dapat menyebabkan kulit berjerawat.

Makeup - Produk kosmetik seperti bedak dan lain-lain mampu menyumbat pori-pori kulit dan tidak memungkinkan kulit untuk "bernapas" dan hal ini dapat menyebabkan jerawat. Wajah harus dibersihkan secara menyeluruh agar kulit bersih dari makeup. Hal ini berguna untuk menghindari hal-hal yang dapat memblokir pori-pori kulit.

Wajah Kotor - Kotoran punya akibat yang sama pada kulit seperti layaknya make up. Kulit yang tidak dibersihkan dengan benar akan memungkinkan bakteri untuk tumbuh dan menyebabkan jerawat batu.

Kosmetik Bahan Dasar Minyak - Karena kadar minyak di wajah yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama jerawat batu, menggunakan kosmetik berbahan dasar minyak bisa memperburuk kondisi, sama halnya dengan sebum.

Obat - Jerawat batu dapat berkembang sebagai reaksi terhadap jenis obat tertentu. Obat jelas menyebutkan kemungkinan efek samping dibungkusnya dan menghindari obat-obatan yang menyebabkan jerawat bisa mencegah jerawat batu muncul dari kulit anda.

Mencubit Jerawat - Ketika komedo hitam, komedo putih dan jerawat dipencet, bakteri yang ada pada jari dan wajah akan memasuki kulit dan menyebabkan infeksi dan menimbulkan jerawat batu.

Jerawat dapat diatasi jika penyebabnya dapat anda dikendalikan. Menjaga kulit bersih dan bebas dari minyak adalah salah satu cara cerdas menyembuhkan jerawat batu. Semoga artikel 8 Penyebab Jerawat Batu ini bisa membatu anda dalam mengatasi jerawat batu yang membandel di kulit anda baik di wajah, badan, atau anggota tubuh lainnya.

0 Comments:

Post a Comment