Tanda Gejala Autis Ringan

Autisme adalah jenis gangguan otak yang muncul pada anak usia dini dan berjalan seumur hidup. Gejala autis ringan biasanya terkait dengan gangguan neurobiologis yang dikenal sebagai Sindrom Asperger. Seorang anak biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda gejala autis hingga mencapai usia 3 tahun dan setelah usia 3 tahun, orang tua dapat mulai mengamati gejala autis ringan. Dalam kebanyakan kasus anak-anak yang menunjukkan gejala autis ringan memiliki tingkat IQ rata-rata dan kadang-kadang bahkan lebih tinggi. 

autis ringan

Gejala Autis Ringan

Dalam rangka membantu orang tua untuk mengidentifikasi gejala dengan benar dan tepat, kami menguraikan beberapa gejala autis ringan sebagai berikut :

1. Seorang anak yang menderita autis ringan biasanya menemukan kesulitan untuk memulai pembicaraan atau menjalin hubungan dengan anak lain. Bahkan dalam beberapa kasus ketika si anak mulai membuat interaksi dengan anak-anak lain, interaksi tersebut tidak dapat bertahan untuk waktu yang lama.

2. Anak mungkin begitu sibuk bermain dengan mainan tertentu sehingga si anak benar-benar mengabaikan kehadiran orang lain di sekitarnya. Pada saat-saat tertentu, anak dengan gejala autis ringan
juga dapat terus melamun menatap mainan kesayangannya.

3. Beberapa anak menunjukkan karakteristik yang sangat aneh dalam hal komunikasi seperti berbicara terlalu banyak atau berbicara tentang hal yang sama sekali tidak masuk akal. Hal ini bisa dikatakan sebuah gejala autis ringan.

4. Anak-anak yang menderita autis ringan mungkin merasa sangat sulit dalam mempertahankan kontak mata ke mata dengan orang lain untuk waktu yang lama.

5. Jika anak Anda menunjukkan karakteristik yang sangat aneh seperti perubahan suasana hati yang berlebihan pada usia dini, bisa jadi anak anda menderita autis ringan.

6. Karakteristik umum lain adalah mereka sangat sering terus mengulangi kalimat dari sebuah buku tertentu, atau dialog film atau percakapan sebelumnya.

7. Anak dengan autis ringan juga mengalami kesulitan dalam mengerti bahasa tubuh orang lain dan keterampilan motorik mereka biasanya sangat buruk.

Orang tua harus berhati-hati bahwa anak-anak dengan tipe seperti kondisi khusus ditangani dengan hati-hati dan segera mengkonsultasikan si anak ke dokter. Jika diabaikan, dapat menyebabkan anak menjadi autis serius.

0 Comments:

Post a Comment