Sakit Kepala Karena Sinus & Cara Mengobati

Banyak faktor yang dapat memicu sakit kepala karena sinus. Alergi, perubahan tekanan, udara yang dingin, berenang atau bahkan infeksi gigi pun dapat memulai siklus sengsara infeksi sinus. Infeksi sinus bisa terjadi kapan saja tetapi pada musim tertentu bisa lebih buruk daripada yang lain, bisa karena perubahan suhu, saturasi serbuk sari atau peningkatan debu.
Gejala-gejala sakit kepala karena sinus sangat mirip dengan migrain atau sakit kepala karena tekanan darah yang naik. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya berkonsultasi ke dokter Anda sehingga Anda akan tahu jenis sakit kepala apa yang Anda alami secara akurat dan jenis obat yang sesuai untuk anda.

Namun, jika anda dikonfirmasi bahwa Anda ternyata menderita sakit kepala akibat sinus, coba ikuti beberapa cara pengobatannya berikut ini:

• Minum air yang banyak
Sangat penting untuk menjaga tubuh untuk terhidrasi dengan baik. Selama infeksi sinus, jaringan-jaringan di bagian hidung akan meradang yang menyebabkan hidung anda jadi mampet. Minum air secara teratur akan membantu mencegah peradangan dan meredakan sakit kepala akibat sinus.
• Selalu sedia Nasal Spray dirumah
Anda dapat memilih antara menggunakan nasal spray dekongestan atau spray yang dibuat dari air garam. Semprotan hidung dekongestan sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit kepala yang disebabkan oleh sinus. Semprotan membuat peradangan mereda dan membantu mengeringkannya. Spray air garam juga baik untuk mengurangi peradangan pada saluran yang terkena sinusitis. Namun, tidak boleh digunakan lebih dari enam kali dalam sehari.
• Gunakan obat yang diresepkan oleh dokter Anda.
Dekongestan dibuat untuk mengurangi sakit kepala akibat sinus dengan meningkatkan drainase di bagian hidung dan meredakan peradangan. Tapi pastikan bahwa Anda mengikuti dosis dan cara penggunaan yang benar. Ini juga penting untuk diingat bahwa obat dekongestan tidak boleh diambil lebih lama dari periode waktu yang ditentukan.
Ingat...! Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan dekongestan untuk pengobatan sinus Anda. Ini untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan yang masih sehat tidak akan memburuk.
• Neti pot adalah alat untuk menghilangkan sakit kepala karena sinus. Menggunakan neti pot akan membantu membuat drainase dan meredakan peradangan pada saluran hidung. Cara menggunakan neti pot ini sangat mudah untuk dilakukan:
sakit kepala karena sinus cara mengatasi

SAKIT KEPALA KARENA SINUS CARA MENGATASI

• Memasang humidifier di rumah Anda
Sakit kepala sinus kadang-kadang dapat diatasi dengan udara yang hangat dan lembab karena dapat membantu mengurangi rasa hidung tersumbat dan meredakan peradangan. Bagi mereka yang tidak mampu membeli alat humidifier, Anda masih dapat menggunakan uap dari ketel air mendidih atau menghirup uap sauna untuk membantu mengurangi kemampetan pada hidung.
• Pijat lembut daerah sinus
Pijat dengan perlahan pada daerah yang menyakitkan di wajah Anda, seperti dahi atau pipi. Gunakan ujung jari Anda sendiri dan pijat disekitar bagian tersebut. Hal ini berguna untuk membuka beberapa ruang untuk drainase. Namun, berhentilah jika tidak ada perubahan atau Anda tidak merasakan lega setelah lima menit memijatnya. Jika memungkinkan, sewalah seorang tukang pijat atau meminta seorang teman untuk memijat kepala Anda.
• Menahan diri untuk merokok.
Merokok kadang-kadang dapat memicu sakit kepala pada orang dengan penyakit sinus yang akan menyebabkan saluran hidung menjadi terangsang. Jadi hindari merokok dan jangan menjadi perokok pasif.
• Minimalkan paparan polusi udara. Alergen dan polutan di udara juga bisa memicu sakit kepala akibat sinus.
• Cuci tangan secara teratur.
Tindakan sederhana ini dapat meminimalkan ancaman sakit kepala karena sinus. Mencuci tangan secara teratur dengan sabun akan mencegah alergen dan kuman menyebar kemudian menyebabkan peradangan. Mengupil juga harus dihindari karena dapat menyebabkan kuman masuk ke dalam saluran hidung.
• Menghindari minum minuman beralkohol.
Meminum minuman beralkohol dapat menyebabkan sinus dan jaringan hidung membengkak, sehingga menyebabkan sakit kepala.
Semoga langkah-langkah sederhana diatas dapat membantu Anda meminimalkan rasa sakit kepala karena sinus atau bahkan mencegah hal itu terjadi. Terima kasih.

2 comments: