Pola Hidup Sehat Selama Kehamilan

Kehamilan bisa disebut sebagai momen paling penting bagi seorang wanita. Oleh karena itu Anda harus terlihat sehat serta merasa sehat. Kehamilan yang sehat mengarah pada kelahiran bayi yang sehat. Selama 9 bulan masa kehamilan, salah satu cara untuk tetap sehat adalah dengan makan makanan secara selektif dan sehat. Tidak boleh makan junk food karena hanya akan memperburuk kesehatan anda untuk kedepannya.


Pola Hidup Sehat Selama Kehamilan


Sekarang muncul pertanyaan, "Apa yang seharusnya kita makan ketika kita sedang hamil?". Apa pun yang anda makan harus mengandung nutrisi dasar. Air, susu, yoghurt semua baik, dan lebih baik lagi susu rendah lemak. Makan banyak sayuran hijau harus menjadi bagian dari gaya hidup harian Anda. Protein juga elemen penting untuk kehamilan. Ikan, daging kambing, dan ayam adalah beberapa pilihan yang baik. Daging merah tidak sehat karena dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan lemak dalam tubuh Anda. Alkohol dan merokok harus benar-benar dihindari selama kehamilan karena sama sekali tidak baik bagi Anda dan bayi Anda yang belum lahir.

Pola Hidup Sehat Selama Kehamilan


Kehamilan sangat menuntut perawatan dan penanganan yang ekstra namun juga lembut. Semakin Anda akan menjaga diri Anda sendiri, Anda akan semakin  jauh dari penyakit dan komplikasi. Seorang wanita hamil harus makan sedikit-sedikit, tidak boleh langsung banyak. Ketika Anda makan banyak, jantung anda akan berdegup kencang dan merasa tidak nyaman. Tidak ada batasan kapan harus makan dan kapan untuk tidak makan. Jadi lebih baik membuat rencana waktu makan untuk Anda. Rutinitas makan yang benar terdiri dari empat sampai lima kali makan. Pertama pagi, saat ini Anda dapat mengambil secangkir susu hangat dan makan 1 atau 2 biskuit oatmeal. Dan jika Anda sedang tidak ingin minum susu, maka Anda boleh juga meminum secangkir teh hijau. Ini tidak hanya akan membuat Anda merasa segar tetapi juga akan membantu Anda mencegah morning sickness.

Saat sarapan, semangkuk bubur adalah pilihan yang sangat baik, atau Anda dapat memiliki omelet sayuran dengan roti cokelat dan segelas jus segar favorit Anda. Teh bukan pilihan yang baik karena bisa menyebabkan mulas dan sakit kepala. Jadi lebih baik hindari konsumsi teh setelah sarapan, tapi sekali sehari boleh. Pada waktu makan siang, ayam panggang, sayuran rebus hijau, roti cokelat, pasta, daging kambing, kacang rebus, nasi adalah pilihan sehat. Sama untuk waktu makan malam. Kuncinya adalah bahwa apa pun yang Anda makan itu harus memiliki nilai gizi yang sehat. Banyak rempah-rempah, makanan berminyak dan minuman kolesterol tinggi harus dihindari. Minum banyak air putih karena akan membantu Anda "membersihkan" tubuh, dan membantu Anda mencegah sembelit.

Anda tidak perlu menambah berat badan selama 6 bulan pertama kehamilan karena apa pun yang Anda akan makan, itu hanya untuk tubuh Anda. Namun, setelah 6 bulan, apa pun yang Anda makan, tidak hanya untuk Anda, tetapi juga untuk si bayi. Jadi disarankan untuk makan sehat dan teratur. Jangan makan makanan berlemak, karena setelah berat badan Anda naik, akan sangat sulit bagi Anda untuk menurunkannya setelah bayi anda lahir. Jadi agar tetap fit, makanlah dengan hati-hati dan teratur. Lebih baik jika anda meminta lebih banyak saran dari ahli gizi kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa tips cepat untuk kehamilan yang sehat yang harus Anda ketahui.

o Konsultasikan dengan dokter Anda berapa berat badan yang ideal untuk anda selama kehamilan.

o Makan makanan yang kaya folat, zat besi, kalsium, dan protein, atau dapatkan nutrisi melalui suplemen prenatal

o Sebelum mengambil suplemen apapun, konsultasikan dengan dokter.

o Jangan melewatkan sarapan.

o Makan makanan tinggi serat dan minum banyak air untuk menghindari sembelit.

o Hindari telur mentah, alkohol, ikan mentah, dan apa pun yang mentah.

o Lakukan aktivitas setidaknya 30 menit  dalam seminggu. Bicara dengan dokter Anda sebelum Anda mulai.

o Lanjutkan makan dengan teratur dan sehat setelah melahirkan, sehingga berat badan Anda kembali ke berat badan yang sehat secara bertahap. Jangan menganggap kehamilan sebagai penyakit, tapi sebagai satu-satunya berkat dan berpikir diri Anda sebagai orang yang beruntung diberkati oleh Tuhan dengan hadiah yang sangat berharga.

1 comment:

  1. Seorang ibu hamil tentu harus sellu sehat, karena berpengaruh terhdap anak di dalamnya.

    ReplyDelete