Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ada beberapa sistem dalam tubuh kita bekerja baik secara independen untuk melindungi kita dan membantu fungsi tubuh kita secara optimal. Tidak ada satu sistem yang lebih penting dari yang lain, karena semua sistem diperlukan agar kita tetap hidup. Dari sistem pencernaan ke sistem otot pada sistem saraf, semua bekerja seperti orkestra yang bermain dalam harmoni bagi tubuh kita.

Salah satu sistem yang paling penting dalam tubuh kita adalah sistem kekebalan tubuh. Sistem ini membantu kita melawan kuman dan mikroorganisme dari luar. Sistem ini membuat kita bebas dari infeksi. Namun, ada hal yang kita lakukan, baik sengaja atau tidak, yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh, yang dapat menyebabkan penyakit tertentu.

Berikut adalah hal yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh :


Tidur yang cukup - Bila waktu tidur anda kurang, Anda akan lebih rentan terjangkit infeksi. Orang yang tidur hanya 4 jam sehari, sistem kekebalan tubuhnya lemah karena hanya menghasilkan setengah jumlah normal antibodi. Jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur, tingkat stres anda akan lebih tinggi. Bila anda kurang tidur, usahakanlah car tahu bagaimana caranya bisa tidur minimal 7 jam setiap hari.

Olahraga - Anda tidak perlu nge-gym atau lari 10 KM untuk berolahraga. 30 menit berjalan kaki kapanpun setiap hari sudah dapat membantu melawan infeksi sistem kekebalan tubuh Anda. Mereka yang tidak olahraga lebih mudah terkena pilek dibandingkan dengan mereka yang melakukannya. 

Makan yang sehat - Bahkan jika Anda pernah mendengar kalimat ini satu juta kali, makan makanan yang sehat pasti akan sedikit memberatkan anda. Dan makan yang benar tidak hanya termasuk makanan sehat dalam diet Anda, melainkan juga jauh-jauh dari hal-hal seperti alkohol dan terlalu banyak gula. Tambah juga menu makanan Anda dengan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C dan E.

Kurangi stres - Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan tingkat stres kita. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tingkat stres Anda adalah dengan santai sejenak jika Anda mengalami atau memikirkan hal yang menyebabkan stres. Anda harus belajar bagaimana untuk istirahat, dan memfokuskan pikiran Anda pada hal-hal lain selain yang yang menyebabkan anda stres.

Terakhir, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen alami yang khusus meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh dalam jangka panjang. Jaga sistem kekebalan tubuh anda dan biasakanlah kebiasaan sehat setiap hari dan semoga anda bisa terhindar dari penyakit.

0 Comments:

Post a Comment