Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah

Halo, ini posting pertama saya di blog Jiwa Hidup Sehat ini. Sesuai judul blog saya, saya akan menulis beberapa artikel mengenai kesehatan menurut pengetahuan yang saya miliki. Cara berhenti merokok dengan mudah adalah salah satu hal yang saya kuasai. Jujur saja, belum lama ini saya juga seorang perokok aktif. Berniat untuk berhenti sih sudah, tapi entah mengapa sangat sulit untuk melakukannya. Akhirnya saya browsing di Google, dan menemukan beberapa tips buat para perokok aktif untuk berhenti merokok. Simak artikel nya ya...!
Cara berhenti merokok

Cara Berhenti Merokok dengan mudah

Berikut adalah beberapa cara berhenti merokok yang bisa anda coba:

1. Siapkan Mental
Cara berhenti merokok

Cara Berhenti Merokok dengan mudah

Cara berhenti merokok yang pertama adalah dengan mempersiapkan mental. Mental yang kuat sangat dibutuhkan ketika anda menginginkan sesuatu. Apalagi untuk berhenti merokok, dibutuhkan mental dan keinginan yang kuat sebelum dan ketika menjalankannya karena perokok ketika sedang tidak merokok pasti dihantui oleh godaan untuk merokok dan gagal berhenti karena mentalnya lemah tidak tahan godaan. Jadi, pastikan dan berkomitmenlah pada diri anda sendiri bahwa anda sangat ingin berhenti merokok, baik untuk kebaikan diri sendiri maupun orang lain.

2. Cari Teman Yang Ingin Berhenti Merokok Juga

Cara berhenti merokok

Cara Berhenti Merokok dengan mudah

Mungkin selain anda, ada juga teman-teman perokok yang dekat dengan anda yang ingin berhenti merokok. Namun karena anda sering berkumpul bersama, anda jadi sering tergoda ketika melihat teman anda sedang asik merokok di depan anda. Jadi, ajaklah teman-teman perokok anda, terserah berapa jumlahnya, hanya satu pun tidak apa-apa asal anda punya keinginan yang kuat untuk berhenti merokok.

3. Simpan Uang Anda Untuk Hal Yang Lain

Cara berhenti merokok

Cara Berhenti Merokok dengan mudah

Rokok dibeli dengan uang. Jika anda membeli rokok, sebenarnya anda sama saja dengan membakar uang. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk berpikir ke depan dan jangan habiskan uang anda hanya untuk membeli rokok saja. Simpan sebagian uang yang biasa anda belanjakan untuk rokok, dan gunakan untuk hal lain yang lebih berguna. Misalnya, untuk membeli barang-barang yang berkaitan dengan hobi anda, atau mungkin hanya sekedar makan-makan atau jalan-jalan bareng teman-teman anda.

4. Makan Permen Karet 

Cara berhenti merokok

Cara Berhenti Merokok dengan mudah

Berdasarkan beberapa penelitian di dunia, mengunyah permen karet dapat menghilangkan keinginan untuk merokok. Kebiasaan ini mungkin sering tidak disadari bagi para perokok yang suka mengunyah permen karet, tapi cara ini terbukti ampuh untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

5. Olah Raga

Cara berhenti merokok

Cara Berhenti Merokok dengan mudah

Cara berhenti merokok dengan mudah lainnya adalah dengan cara olahraga. Berolahraga setiap hari juga bisa membantu anda dalam proses untuk berhenti merokok. Anda bisa gunakan olahraga sebagai "pengganggu" agar anda tidak terus menerus memikirkan rokok untuk dihisap. Selain baik untuk kesehatan, olahraga juga bisa membentuk tubuh anda sehingga menjadi lebih menarik. 

Demikian artikel pertama blog ini mengenai Cara berhenti merokok dengan mudah. Akibat merokok semuanya sudah pada tau kan? Bagi yang belum silahkan baca di sini. Bagi yang sudah tau, cepat-cepat berhenti ya sebelum terlambat. Bagi kebanyakan perokok aktif, memang sulit untuk berhenti merokok. Semoga tips cara berhenti merokok dengan mudah di atas dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin berhenti merokok untuk selamanya.

1 comment: